7 Hal yang Membuat Kesuburan Pria Berkurang

PalingYess.com - Memiliki keturunan menjadi salah satu tujuan dari pernikahan. Kesehatan dan kesuburan menjadi salah satu faktor utama dalam memperoleh keturunan tersebut.
Khusus tentang kesuburan, ternyata bukan hanya wanita saja yang perlu memperhatikannya. Lelaki juga perlu memperhatikan faktor tersebut dalam dirinya sendiri. Jika kesuburan wanita ditentukan dari sel telurnya, maka yang harus diperhatikan lelaki adalah kualitas spermanya.
Mengapa? Karena, ada beberapa kebiasaan lelaki yang tanpa disadari ternyata bisa merusak kualitas sperma yang berakibat pada menurunnya tingkat kesuburannya.
Dilansir dari tribunnews.com, berikut ini 7 kebiasaan tersebut:
Begadang
Alasannya, kurang tidur menurunkan produksi hormon testosterone yang berperan penting pada pembentukan sperma. Menurut jurnal Fertility & Sterility, pria dengan durasi tidur kurang dari enam jam akan mengalami penurunan kesuburan hingga 31 persen dibanding pria dengan durasi tidur 7-8 jam per malam.
Salah pelumas
Jurnal Fertility & Sterility di tahun 2014 menyebut bahwa beberapa merk pelumas bisa menghambat motilitas sperma. Motilitas adalah kemampuan sperma untuk berenang menuju sel telur. Ditambah lagi, cairan pelumas mengandung asam hidrolik yang bisa membunuh sperma.
Kurang makan ikan
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard menyebut bahwa kualitas sperma terlihat lebih baik pada pria yang rajin mengkonsumsi ikan tuna atau salmon. Sebaliknya, daging olahan merupakan musuh bagi kesehatan sperma.
Kebiasan minum soda
Menurut jurnal Human Reproduction, satu kaleng soda sehari bisa merusak sperma. Kemampuan sperma untuk bergerak akan berkurang. Alasannya, minuman bersoda memiliki kandungan gula yang bisa menyebabkan resistensi insulin. Kondisi ini bisa merembet jadi peradangan, yang membuat pergerakan sperma terhambat.
Stres
Sebuah penelitian dari Columbia University menyebut bahwa stres yang berlebihan mengganggu hormon reproduksi. Bahkan jika pria tersebut sudah menjalankan pola makan sehat, faktor stres tetap harus diperhitungkan sebagai perusak kesuburan.
Menyimpan ponsel di saku celana
Tak bisa dipungkiri, saku celana merupakan tempat favorit untuk menaruh ponsel. Tapi pengaruhnya, paparan radiasi ponsel bisa menghambat pergerakan sperma. Panas dari ponsel juga bisa meningkatkan suhu pada skrotum dan mengganggu produksi sperma.
Terlalu banyak minum alkohol
Selain diharamkan, alcohol terbukti berbahaya karena bisa menurunkan kesuburan. Para peneliti dari Denmark menyebut bahwa 25 gelas minuman beralkohol dalam seminggu bisa menurunkan kualitas sperma. Dan jika seorang pria menenggak 40 gelas per minggu, maka ia akan mengalami penurunan jumlah sperma sebanyak 33 persen dan 51 persen sperma sehat.

Artikel PALING YESS Lainnya :

Scroll to top